Minggu, 14 Oktober 2012

Menemukan Titik Terang Tentang Berdirinya Normaalschool di Jember

Minggu, 14 Oktober 2012
Sejak masa penelusuran saya pada sosok ABD. MOEKI yang saya dapatkan di selembar foto berangka tahun 1923 (berlokasi di Jember), saya sering bersinggungan dengan data-data berbahasa Belanda. Ya, keberadaan google translate sangat membantu saya dalam penelusuran ini. Kemarin saya menemukan sebuah majalah lama di masa Hindia Belanda yang terbit pada tanggal 28 November 1917. Majalah ini sangat penting bagi saya, karena menunjukkan rentang waktu mengenai perencanaan pembukaan sebuah sekolah guru Normaalschool di kota kecil Jember.

Cover Majalah INDIE tahun 1917 - Geillustreerd weekblad voor nederland en koloniƫn


Abonnementsprijs voor nederland f8 per jaargang. Voor kolonien en buitenland verhoogd met verzendkosten - Biaya berlangganannya adalah 8 gulden per tahun, sedang untuk koloni dan luar negeri ada tambahan biaya ongkir.

Di majalah INDIE inilah, saya menemukan data yang saya cari. Meskipun tidak mengerucut pada tanggal opening sekolah guru - Normaalschool (di Jember) yang saya maksud, tapi saya sudah mengetahui rentang waktunya. Setidaknya, saya berharap data ini akan mengantarkan saya pada tanggal dibukanya Normaalschool, hingga saya menyibak kisah dibalik selembar foto tahun 1923 bertuliskan, Europese onderwijzer met leerlingen van de 'normaalschool voor inlandse hulponderwijzers' te Djember.

Tertulis pada majalah tersebut, tepatnya di kolom KOLONIAL NIEUWS IN DRIE REGELS (1917), bahwa akan ada rencana pembukaan Normaalschool di Jember.

Djember zal eerstdaags een normaalschool met vierjarigen cursus krijgen tot opleiding van inlandsche hulp onderwijzers.

- Tertulis di majalah INDIE edisi 1e Jaargang No.35, terbit tanggal 28 November 1917 -


Kesimpulan sementara, berdirinya Normaalschool di Jember antara 1918 hingga 1923. Saya memakai patokan 1918 karena majalah di atas sudah ada di ujung 1917, dan berhubungan erat dengan terbitan selanjutnya.

Majalah yang sama, terbitan berikutnya, 27 Maret 1918

Di sini tertulis bahwa Direktur D dan E bersikeras mendesak pembangunan Normaalschoolen bagi guru dukungan asli di Surabaya dan Jember. Bunyi bahasa aslinya adalah sebagai berikut:
De directeur van O, en E. dringt zeer aan op het maken van spoed bij den bouw van Normaalschoolen voor inlandsche hulponderwijzers te Soerabaja en te Djember.


Adapun penggunaan angka tahun 1923, adalah dengan asumsi foto Normaalschool di Jember tersebut adalah foto baru, dimana sekolah dan proses belajar mengajar baru saja dimulai.

Sedikit Tambahan

Normaalschool di Jember didirikan antara tahun 1918 - 1923.

Ini juga sangat berhubungan dengan data yang saya dapatkan dari Handelingen der Staten-Generaal, Bijlagen, 1917-1918. Mereka memberi judul STAAT : van de in 1918 uit te voeren werken uitmakende het zoogenaamde werkplan der burgerlijke openbare werken.

Dikatakan di nomor 64 bahwa pada tahun 1918 akan ada perpanjangan pos dan telegraf kantor dengan perumahan bagi pembantu Jember wilayah Besoeki.

Info lainnya lagi ada di nomor 86. Jumlah yang dialokasikan ( ke Jember) untuk 1918 akan dianggap cukup untuk tujuan.

Secara kasar saya mengartikan bahwa ada perbaikan suntikan dana untuk wilayah Jember di tahun 1918. Tapi tetap saja data ini tidak mengerucut pada apa yang saya cari, dan saya mengartikan dua poin ini secara dangkal saja.

Bagi yang ingin menengok data di atas (berbentuk PDF), silahkan meluncur ke sini.

Kepastiannya akan saya telusuri dari majalah ke majalah, yang sudah ada di era tersebut. Sekiranya saya berhasil menemukannya, akan saya posting di artikel setelah ini.

Salam Gaya Bulbul!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, saya mengaktifkan moderasi pada kolom komentar, untuk entri yang lebih lawas --14 hari. Salam.

RZ Hakim © 2014