Jumat, 01 Februari 2013

Proyek Koran Indonesia

Jumat, 01 Februari 2013
Menemukan catatan ini dari sini. Judulnya, Indonesian Newspaper Project. Oke, mari kita baca.

NIOD Institute for War, Holocaust and Genocide Studies

Keberhasilan pengembangan penelitian dalam sejarah kontemporer Indonesia sangat bergantung pada aksesibilitas bahan sumber yang detail, perubahan dalam lingkungan sosial dan masyarakat lokal di bawah pemerintahan Belanda dan Jepang.

Salah satu sumber ini adalah surat kabar Indonesia yang dikeluarkan selama pemerintahan Belanda dan Jepang di Indonesia. The NIOD Institute for War, Holocaust dan Genosida Studi memegang koleksi unik surat kabar Indonesia yang dikeluarkan pada masa pemerintahan militer Jepang di Indonesia, seperti Asia Raya, Matahari Ambon dan Asia Soeara, untuk menyebutkan hanya beberapa.

Juga lembaga lain di Belanda, sebagai Royal Institute for Linquistics dan Antropologi (KITLV) di Leiden, Royal Institute untuk Tropics (KIT) di Amsterdam, Perpustakaan Kerajaan (KB) di Den Haag dan Institut Internasional untuk Sejarah Sosial ( IISG) di Amsterdam terus koleksi penting surat kabar lokal Indonesia dan regional yang diterbitkan pada periode 1930-1950.

Koleksi surat kabar ini, meskipun tidak lengkap, membentuk sumber yang sangat penting bagi para sarjana yang tertarik dalam sejarah kontemporer Asia.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mikrofilm dan mendigitalkan semua surat kabar di Indonesia dari periode 1940-1946 berasal pertama dari koleksi NIOD, dan kedua dari lembaga lain di Belanda dengan koleksi serupa surat kabar Indonesia dan membuat online ini dapat diakses bagi para akademisi dan mahasiswa khusus dalam sejarah Asia. Untuk membantu para peneliti menemukan informasi yang mereka inginkan dengan mudah, database dibuat dapat diakses oleh pencarian teks penuh tetapi juga oleh kata kunci ditambahkan ke setiap surat kabar.

Proyek ini dimulai pada Juli 2004 dan akan selesai pada bulan November 2006. Saat ini kami sedang mencari cara untuk melanjutkan proyek tersebut untuk periode 1946 -1950. Tutup kerjasama dengan mitra-lembaga yang diperlukan untuk melakukan secara efektif ini.

Idealnya berbicara upaya kami akan mengarah ke database digital consultable secara nasional atau bahkan di seluruh dunia, di mana semua atau sebagian besar surat kabar dan majalah dalam bahasa Indonesia dapat ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, saya mengaktifkan moderasi pada kolom komentar, untuk entri yang lebih lawas --14 hari. Salam.

RZ Hakim © 2014