Selasa, 23 Oktober 2012

Gedung Normaalschool Jember Ada di Sukorejo

Selasa, 23 Oktober 2012
Ternyata gedung Normaalschool Jember yang selama ini saya cari-cari, ada di daerah Sukorejo.Sekarang bangunan tersebut dimanfaatkan sebagai Markas Batalion Infantri 509 - Balawara Yudha.

Saya menemukan tulisan bergizi tentang Jember tempo dulu di situs UMM. Di situs ini pula saya temukan posisi Normaalschool (di Jember) secara akurat.
Markas Armed sebelumnya adalah markas Batalion Infantri 509 yang dipindah sekitar tahun 60-an ke daerah Sukorejo (4 km) dari Alun-alun kota. Di markas ini pula pernah sempat berdiri sebuah Sekolah Pendidikan Guru yang dikenal dengan sebutan “Normal School” dan oleh karenanya, wilayah ini sering mendapat sebutan normal.
Bentuk PDF bisa anda baca di sini.

Ini menggugurkan prediksi saya tentang keberadaan gedung Normaalschool di Jember. Tadinya saya mengira posisi Normaalschool ada di gedung Het sociƫteitsgebouw te Djember op Oost-Java (seputaran gedung Bhayangkara), ternyata saya salah. Yang benar, Normaalschool Jember tempo dulu berada di sebuah gedung di wilayah Sukorejo - Jember, yang sekaligus juga markas Batalyon Infantri 509 (hingga saat ini).

Plakat Semen Normaalschool Jember Yang Melekat di Tembok


Seandainya tulisan NORMAALSCHOOL VOOR INLANDSE HULPONDERWIJZERS di atas belum terpugar dan bisa melewati masa revolusi, pastilah akan sangat indah.

Sedikit Tambahan

Info selanjutnya mengenai Gedung Normaalschool di Sukorejo akan saya sempurnakan di kesempatan yang lain. Terima kasih.

Salam Gaya Bulbul!

Tambahan Penting: Lokasi Normaalschool Jember Ada di Kebonsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, saya mengaktifkan moderasi pada kolom komentar, untuk entri yang lebih lawas --14 hari. Salam.

RZ Hakim © 2014