Jumat, 05 Oktober 2012

Sejarah Normal School di Jember

Jumat, 05 Oktober 2012
Sejarah Normal School di Jember dimulai dari selembar foto berangka tahun 1923 yang saya temukan di situs KITLV, sebuah situs yang bermula dari lembaga ilmiah yang didirikan pada tahun 1851.

Benar kata orang, sebuah gambar berbicara lebih banyak dari ribuan kata. Itu juga saya rasakan manakala mendapati foto di bawah ini.

Normal School di Jember Tahun 1923


Europese onderwijzer met leerlingen van de 'normaalschool voor inlandse hulponderwijzers' te Djember

Hanya dari selembar foto saja, lalu saya memotong dan mengeditnya, bertujuan untuk mencari kejelasan dan kisah di balik selembar foto ini.


Ketika gambar saya crop ke arah papan tulis saja, nampak bahwa papan tulis tersebut sengaja dipersiapkan hanya untuk sesi pemotretan. memotret sejarah Jember tempo dulu, begitulah kira-kira istilah yang tepat.

Selembar foto di atas, bukan hanya berhasil membuat saya Berkenalan Dengan ABD. MOEKI, menelusuri jejaknya, tapi juga berhasil mengusik saya untuk mempelajari kembali Sejarah Normal School di Dunia. Kemudian mengerucut lagi. Mau tidak mau saya juga harus menengok Sejarah Normal School di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang keberadaan Normal School (dalam bahasa Belanda tertulis Normaalschool) di Jember, ada banyak hal yang harus saya pelajari. Jadi, teristimewa untuk artikel ini, akan saya pantau dan edit sewaktu-waktu.

Salam Gaya Bulbul!

1 komentar:

  1. trims sudah memberikan gambaran sedikit tentang kabupaten saya salam damai kalau bisa perbanyak mengulas kota jember, karena sampai saat ini jember masih bingung dengan sejarahnya, menurut yang saya ketahui dari website-website jember di bentuk menjadi kabupaten pada tahun 1928, tapi kalau melihat foto ini ternyata jember sudah ada sejak tahun 1923

    BalasHapus

Mohon maaf, saya mengaktifkan moderasi pada kolom komentar, untuk entri yang lebih lawas --14 hari. Salam.

RZ Hakim © 2014