Minggu, 08 Juli 2012

Asal Usul Jember di Masa Hidup Sunan Kudus

Minggu, 08 Juli 2012
Saya mendapatkan kisah ini secara tutur, dari seorang rekan bernama Kang Sofyan. Jadi semoga tidak dijadikan sebagai sesuatu yang paten sebab saya menuliskannya dengan tidak berdasarkan riset.

Berikut adalah kisahnya.

Alkisah suatu hari, seseorang bernama Ki Ageng Kedu mendengar kehebatan Sunan Kudus. Ki Ageng Kedu sendiri adalah seseorang yang memiliki kesaktian unik. Dia bisa terbang dengan cara mengendarai tampah. Lalu menghadaplah Ki Ageng Kedu pada Sunan Kudus dengan membawa segenggam niat, hendak mengadu kekuatan.

Sesampainya di Kudus, dengan pongahnya Ki Ageng Kedu memamerkan kesaktiannya. Dia tidak langsung menghadap Sunan Kudus melainkan mengendarai tampah berkeliling desa, sesekali melakukan manuver di udara.

Ketika melihat itu, raut wajah Sunan Kudus menampakkan ketidaksukaannya. Maka Sunan Kudus mendoakan agar tampah yang dikendarai Ki Ageng Kedu termakan oleh gravitasi bumi.

Berkat kesaktian Sunan Kudus, tampah yang ditumpangi Ki Ageng Kedu tersebut meluncur ke bawah hingga jatuh ke tanah yang ngecember atau becek, sehingga tempat tersebut kemudian dinamakan Jember.

Beberapa versi lagi, kurang lebih ceritanya sama. Sama-sama berlatar belakang masa hidup Sunan Kudus dan sama-sama menyebut tampah. Bedanya ada pada nama Ki Ageng Kedu. Di Babad Kedu sendiri, nama Ki Ageng Kedu tidak ada. Yang tertulis di sana adalah Ki Ageng, tanpa embel-embel Kedu. Berikut cuplikannya.

Babad Kedu:
Gagaklodra Ngrabasa Masjid Tie Lieng Sieng

Ing ing pendapa masjid ana patemon, ing antarané ponakané Sam po kang aran Te Lieng Sieng lan para santri. Ki Ageng prapta papan kono, mabur ngubengi masjid. Weruh patrapé Ki Ageng, Sunan Kudus duka. Sigra dhawuh salah siji santri kinèn nyawat tampah. Bareng Ki Ageng disawat tampah, Ki Ageng malah nitihi tampah kasebut. Kocapa Sam Po kobong atiné, nuli njupuk krikil kasawataké ngenani Ki Ageng. Klakon dhawah kalenggak, kecemplung ing pecerèn kang jember. Jubah kebak blethok. Ki Ageng banget lingsem. Papan kono saiki dadi pasar Jember, saka tembung papan jember. Ora adoh saka menara Kudus.

Dan seterusnya hingga ke paragraf berikut ini:

Ing ing pendapa masjid ana patemon, ing antarané ponakané Sam po kang aran Te Lieng Sieng lan para santri. Ki Ageng prapta papan kono, mabur ngubengi masjid. Weruh patrapé Ki Ageng, Sunan Kudus duka. Sigra dhawuh salah siji santri kinèn nyawat tampah. Bareng Ki Ageng disawat tampah, Ki Ageng malah nitihi tampah kasebut. Kocapa Sam Po kobong atiné, nuli njupuk krikil kasawataké ngenani Ki Ageng. Klakon dhawah kalenggak, kecemplung ing pecerèn kang jember. Jubah kebak blethok. Ki Ageng banget lingsem. Papan kono saiki dadi pasar Jember, saka tembung papan jember. Ora adoh saka menara Kudus.
Tanpa harus menjelaskan tentang profil Sunan Kudus secara keseluruhan, sudah ditemukan perbenturan antara asal usul di atas dengan yang dituliskan dalam Babad Kedu. Bahwa Jember yang dimaksud adalah Jember yang ada di dekat menara Kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, saya mengaktifkan moderasi pada kolom komentar, untuk entri yang lebih lawas --14 hari. Salam.

RZ Hakim © 2014