Rabu, 10 Oktober 2012

Kweekschool

Rabu, 10 Oktober 2012
Setiap kali mencari data tentang Normaalschool, saya selalu menemukan yang satunya lagi, yaitu Kweekschool. Keduanya sama-sama lembaga sekolah yang mencetak para calon guru.

Jelas memiliki perbedaan. Tapi untuk mengerti apa perbedaannya, saya harus paham tentang apa dan bagaimana itu Kweekschool.

Tentang Kweekschool

Kweekschool adalah sekolah untuk mencetak calon guru.

Di sebuah buku karya Mochtar Buchori yang berjudul: Evolusi Pendidikan di Indonesia (dari Kweekschool sampai ke IKIP: 1852-1998), dijelaskan bahwa Kweekschool adalah sekolah guru pertama yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1852.

Di buku yang lain cetakan tahun 1976 (karya I. Djumhur, H. Danasuparta) berjudul: Sejarah Pendidikan (hal. 131), dikatakan bahwa Kweekschool pertama yang didirikan di Hindia Belanda adalah yang diselenggarakan oleh Zending di Ambon pada tahun 1834. Sekolah tersebut berlangsung sampai 30 tahun dan dapat memenuhi kebutuhan guru bumiputera bagi sekolah-sekolah yang ada pada waktu itu. Selanjutnya sekolah tersebut didirikan di Surakarta (1852), Bukittinggi (Fort de Kock) (1858), Tapanuli (1864), dan Bandung (1866).

Nampak bahwa Mochtar Buchori mempertimbangkan judul bukunya hanya dari tongak berdirinya Kweekschool di Pulau Jawa. Ups, jadi kayak mau rerensi buku. Maaf. Oke lanjut.

Kweekschool seirama dengan Normaalschool, sama-sama sebuah sekolah yang dari sana diharapkan akan melahirkan guru-guru untuk jenjang di bawahnya (sekolah desa dan sebagainya). Kweekschool adalah salah satu jenjang pendidikan resmi di jaman Hindia Belanda. Bedanya dengan Normaalschool, Kweekschool menggunakan pengantar Bahasa Belanda dalam kegiatan belajarnya.

Ah, tidak saya sangka jika ABD. MOEKI akan mengantarkan saya sampai sejauh ini. Padahal mulanya saya hanya penasaran pada selembar foto berangka tahun 1923 dan bertuliskan bahasa Londo, Europese onderwijzer met leerlingen van de 'normaalschool voor inlandse hulponderwijzers' te Djember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, saya mengaktifkan moderasi pada kolom komentar, untuk entri yang lebih lawas --14 hari. Salam.

RZ Hakim © 2014