Rabu, 19 Oktober 2016

Blogger Yang Baik

Rabu, 19 Oktober 2016
Teman-teman blogger yang saya kenal, semuanya baik. Biasanya mereka akan bercerita tentang keseharian, serta hal-hal sederhana yang menyenangkan. Jika dipilah, maka dunia blog memiliki aneka karakter. Ia juga menciptakan istilah-istilah tertentu, misalnya, blogwalking, membaca tulisan blogger lain untuk kemudian meninggalkan jejak komentar. Tak semua blogger memiliki waktu senggang yang panjang untuk blogwalking.

Blogger juga mengadaptasi budaya yang pernah dipopulerkan oleh para pegiat radio sinyal pendek, yaitu budaya kopdar.

Seiring perkembangan di bidang teknologi, dunia blogger pun menjadi semakin berwarna. Tak hanya produk-produk dagang, bahkan dunia pertambangan turut melirik blogger untuk menyemarakkan kata kunci di mesin pencari. Misalnya, pada pemula tahun ini, para peserta sustainable mining bootcamp newmont bikin buku berjudul, Buka – Bukaan Dunia Tambang.

Empat hari lalu, saya turut hadir di sebuah diskusi, di rangkaian acara Blogger Gathering, bertempat di Pesona Jogja Homestay. Kami membicarakan fenomena blogger. Di waktu yang bersamaan namun di lokasi yang berbeda, teman-teman kompasiana juga menggelar acara nangkring bersama PT. Freeport Indonesia. Ia dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi pertambangan dan energi nasional ke-71.

Masih di waktu yang bersamaan, ada juga rekan-rekan blogger yang menggelar acara bersama Sinar Mas MSIG Life. Mereka bikin Seminar Edukasi Keuangan. Tentu tak membicarakan kisah buruk perusahaan.

Itulah dunia blogger yang saya kenal. Beraneka warna. Meski demikian, bila sudah kopdar, kami bisa duduk melingkar, saling bicara dan saling berhaha-hihi. Sebab selama masih bisa dikomunikasikan, berbeda adalah hal yang biasa.

Teman-teman blogger yang saya kenal, semuanya baik. Ketika ada satu dua teman yang sibuk menulis tentang gemerlap dunia pertambangan dan batangan emas PT. Antam, mereka tetap menghargai pilihan hidup saya, di saat saya memilih untuk tidak menulis hal yang sama, atau menuliskan itu dari sisi yang berbeda.

Teman-teman blogger yang saya kenal, semuanya baik. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, saya mengaktifkan moderasi pada kolom komentar, untuk entri yang lebih lawas --14 hari. Salam.

RZ Hakim © 2014